Tips Agar Mobil Matik Bisa Engine Braking

Pada prinsipnya engine braking tetap bisa digunakan untuk mobil automatic (matic), tapi ada tips dan triknya. Pemanfaatan engine braking dapat membantu menghemat kanvas rem mobil matic bisa diperoleh dengan melakukan pemindahan tuas transmisi ke posisi transmisi yang lebih rendah (downshift). Setelah menginjak pedal rem dan kecepatan mobil berkurang, kemudisn  geserlah tuas transmisi dari posisi D (DRIVE) ke:

1. Ke posisi “3”, bidsa juga Off-kan fungsi Overdrive (OD) pada transmisi yang masih menggunakan Overdrive manual (dengan cara menekan O/D yang terdapat pada tuas transmisi). Transmisi otomatis turun ke posisi roda gigi ketiga dan tidak bisa pindah ke roda gigi ke empat.

2. Pindah lagi ke posisi “2”. Transmisi akan turun ke roda gigi kedua saat kecepatan kendaraan turun dengan cepat ke kecepatan di bawah 95 - 70 km/jam. Penggeseran ini membuat efek engine braking akan  lebih kuat.


3. Pindah ke posisi “L”. Transmisi akan turun ke roda gigi 1 saat kecepatan kendaraan turun dengan cepat ke kecepatan di bawah 50 - 40 km/jam. Di posisi ini engine braking didapat secara maksimal

Lakukan ketiga hal diatas secara berurutan / bertahap dari yang tinggi ke roda gigi yang paling rendah, jangan langsung melakukan downshift tanpa berurutan, karena bisa menyebabkan mobil kehilangan kendali dan rusaknya transmisi mobil tersbeut. pada dasarnya mirip dengan transmisi manual (Biasa), engine braking akan diperoleh dengan cara melakukan perpindahan tuas ke transmisi yang lebih rendah secara bertahap sesuai kecepatan mobil. Angka kecepatan yang disebutkan tersebut harus disesuaikan dengan masing-masing mobil ( biasanya keterangannya di buku pedoman pemilik).

Trik Lainnya

Memang, menggunakn perpindahan ini maka laju mobil mungkin terasa tersentak. Ini tanda engine atau mesin
braking itu bekerja. Sentakan tersebut dapat semakin kita kurangi dengan memperhatikan kecepatan kendaraan saat melakukan perpindahan tuas transmisi.

Untuk kondisi medan yang menanjak dan menurun, engine braking bisa kalian  dapatkan tanpa harus memindah tuas transmisi seperti diatas. Caranya yaitu dengan 1 / 2 menjalankan mobil dengan posisi tuas transmisi pada posisi "2 (dua)". Posisi 2 ini membuat transmisi tidak berpindah dari posisi "2" ke gigi yang lebih tinggi,efek engine braking pada saat kalian mengurangi tekanan pedal gas akan lebih besar.

kita bisa juga menggunakan posisi "L" pada saat posisi mobil berhadapan dengan jalan yang menanjak dan menurun curam (misalnya : di basement gedung-gedung). Pada posisi seperti ini, gigi percepatan hanya dapat bergerak pada posisi gigi 1 saja.

akan Tetapi, posisi "2" atau "L" sebaiknya tidak digunakan dalam waktu yang sangat lama. apabila sudah berada di jalan rata,  pindahkan transmisi ke posisi “D”. Hal ini akan mencegah fluida transmisi dari mengalami overheating maupun kerusakan pada transmisi mobil.

Fadlan Random Email
Fadlan Random Email Esok Adalah Misteri, Manusia Hanya Merencanakan Alloh Yang AKan Menakdirkan

Post a Comment for "Tips Agar Mobil Matik Bisa Engine Braking"